jump to navigation

SHS diundang Obama (kiriman e-mail Buang Wowor) 27/04/2009

Posted by TheTales in Ba Karlota.
Tags: , , , ,
trackback

MANADO, Sulutlink. Gubernur Drs Sinyo Harry Sarundajang (SHS) kian menjadi perhatian dunia. Buktinya setelah diundang dan mendapat penghargaan dari Presiden Philipine Gloria Macapagal Arroyo, pada Jumat (03/04) di istana Malacanang, kini gubernur pilihan rakyat pertama di Sulut itu, diundang khusus oleh presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, ke gedung putih.

Undangan ini menurut Drs Roy Tumiwa Ketua Bidang Media dan Humas Daerah WOC, terkait pelaksanaan World Ocean Conference (WOC) dan CTI Summit tanggal
11-15 Mei 2009 di Manado.
Dikatakan Tumiwa pada sulutlink, pertemuan bersejarah kedua tokoh ini akan berlangsung pada tanggal 24 April 2009 mendatang. Diterangkannya, selain membahas iven WOC dan CTI Summit, juga akan membahas beberapa persoalan dunia lainnya. “Ini sungguh suatu penghormatan terbesar, dimana saya sebagai Kepala Daerah yang mungkin sangat tidak dikenal apa lagi diperhitungkan diundang oleh seorang Presiden Negara adidaya,”ujar SHS seperti dituturkan Tumiwa.
Lebih jauh Tumiwa mengatakan, dukungan Negara besar seperti AS terhadap iven WOC dan CTI Summit membuktikan iven yang membicarakan laut ini adalah sangat penting. “Dengan dukungan penuh pemerintah AS, hasil dari WOC yakni Manado Ocean Declaration (MOD) optimis bisa diwujudkan,”katanya.
Diketahui, Gubernur SHS sendiri saat ini tengah berada di Manila Philipine.
Mantan Irjen Depdagri tersebut menerima penghargaan tertinggi dari Pemerintah Philipine yang diberikan langsung oleh Arroyo di istana Malacanang karena dinilai punya nadil besar terhadap kemajuan ekonomi negara tersebut. SHS adalah orang kedua di Indonesia , setelah Menteri Luar Negeri Hasan Wirayuda yang mendapat penghargaan tertinggi dari pemerintah negara yang berbatasan langsung dengan Sulut itu.
Di mata pemerintah Philipina, sosok Gubernur SHS berjasa besar di bidang ekonomi. SHS merupakan salah satu inisiator lahirnya kerja sama BIMP-EAGA saat masih menjabat Wali Kota Bitung. Bahkan, jauh sebelum terbentuknya BIMP-EAGA, SHS gencar melakukan misi dagang dan budaya (1988), sister city Bitung-Davao (1993), dan Bitung-General Santos (1994).
“Inilah salah satu yang menjadi dasar mengapa Gubernur diundang dan diberikan penghargaan oleh Presiden Glorya Macapagal Aroyo,” terang Tumiwa yang juga sebagai juru bicara Pemprov Sulut.

Komentar»

1. Ronny Suatan - 27/04/2009

Berita ini di kirim lewat e-mail dari Om Buang Wowor di Kalimantan.
Diharapkan lewat media ini yang tidak terkirimkan e-mail bisa membacanya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: